Senin, 07 Desember 2009

Pengertian Paleontologi

PALEONTOLOGI adalah ilmu yang mempelajari tentang jejak kehidupan kehidupan zaman purba.

1.FOSIL
FOSIL ADALAH sisa kehidupan purba yang terawetkan secara alamiah dan terekam pada bahan-bahan dari kerak bumi.sisa kehidupan tersebut dapat berupa cangkang binatang,jejak atau cetakan yang mengalami pembentukan atau penggantian oleh mineral.

KEGUNAAN FOSIL
a.Untuk menentukan umur batuan atau fosil
fosil yang ditemukan dalam batuan mempunyai selang waktu tertentu.dengan membandingkan urutan perlapisan(batuan sedimen)dan kandungan fosilnya dapat ditentukan umur relatif suatu lapisan terhadap yang lain.untuk menentukan umurbatuan kita gunakan plankton.
b.Untuk mengkorelasi batuan
korelasi adalah prinsip menghubungkan lapisan yang sama pada batuan.dengan melihat kumpulan fosil yang sama pada satu lapisan yang lain,maka dapat dihubungkan suatu garis kesamaan waktu pembentukan batuan tersebut.
c.Menentukan lingkungan pengendapan
Beberapa binatang dapat dipelajari lingungan hidupnya(misalnya laut dalam,air payau,darat,dsb)hal ini akan membantu didalam merekonstruksi paleografi dan pembentukan batuannya.untuk menentukan lingkungan pengendapan kita gunakan benkton.


TAXONOMI
Taxonomi adalah suatu cara pengelompokan dari kehidupan tumbuhan atau binatang berdasarkan sifat hubungan genetiknya.Urutan taxonomi adalah:Kingdom,Phyllum,Sub-phyllum,Klas,Ordo,Genus dan Species.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar