Rabu, 09 Desember 2009

Pengertian Foraminifera

mlm Foraminifera adalah organisme bersel tunggal (protista) yang mempunyai cangkang atau test (istilah untuk cangkang internal). Foraminifera diketemukan melimpah sebagai fosil, setidaknya dalam kurun waktu 540 juta tahun. Cangkang foraminifera umumnya terdiri dari kamar-kamar yang tersusun sambung-menyambung selama masa pertumbuhannya. Bahkan ada yang berbentuk paling sederhana, yaitu berupa tabung yang terbuka atau berbentuk bola dengan satu lubang. Cangkang foraminifera tersusun dari bahan organik, butiran pasir atau partikel-partikel lain yang terekat menyatu oleh semen, atau kristal CaCO3 (kalsit atau aragonit) tergantung dari spesiesnya.

Foraminifera yang telah dewasa mempunyai ukuran berkisar dari 100 mikrometer sampai 20 sentimeter. Beberapa spesies mempunyai hubungan simbiose dengan alga. Alga tersebut hidup di dalam cangkang foraminifera. Spesies yang lain memakan makanan berupa molekul organic terlarut, bakteri, diatome dan alga bersel tunggal yang lain, sampai hewan-hewan kecil seperti Kopepoda. Foraminifera menangkap makanan dengan jaring tipis pseudopodia (disedut retikulopodia) yang keluar dari salah satu atau beberapa lubang (apertur) pada dinding cangkang. Foraminifera bentonik juga meman-faatkan pseudopodianya untuk alat gerak.

HABITAT FORAMINIFERA

Diperkirakan ada 4.000 spesies foraminifera yang masih hidup di laut di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut, 40 spesies diantaranya adalah foraminifera plangtonik, yang hidup melayang di dalam air laut. Selebihnya hidup pada permukaan dasar alut atau membenamkan diri pada batu pasir, lumpur, batuan dan tanaman di dasar laut. Foraminifera diketemukan di semua lingkungan laut, dari lingkungan pasang surut sampai palung laut yang paling dalam, dari daerah tropik sampai kutub, akan tetapi kumpulan spesiesnya bervariasi tergantung dari lingkungannya. Beberapa spesies melimpah hanya di laut dalam, sedangkan spesies yang lain hanya diketemukan di terumbu karang, dan sebagian yang lain hidup di muara sungai yang bersifat payau atau lingkungan rawa pasang surut.

Foraminifera merupakan organieme bercangkang yang paling melimpah di likungan laut. Satu sentimeter kubik sedimen dasar laut mengandung ratusan individu foraminifera hidup, dan lebih banyak lagi jumlah cangkang yang kosong/mati. Di banyak lingkungan cang-kang foraminifera merupakan komponen penting suatu sedimen. Di beberapa daerah laut dalam yang jauh dari darat, sering dijumpai dasar perairan laut tersusun sebagian besar dari cangkang foraminifera plangtonik. (sumber : Abdul kholiq)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar